Logo EI2
Benner 1

PEDAGOGICAL DESIGN

Inquiry
Istilah inkuiri (inquiry) dalam konteks pedagogis diartikan sebagai keterlibatan dalam penyelidikan. Ini diadaptasi menjadi istilah scientific inquiry yang mempertajam istilah inkuiri dalam konteks yang lebih ilmiah, dan dalam mode pengajaran diistilahkan sebagai inquiry instruction, inquiry learning, inquiry base teaching, dan sebagainya. Tapi pada intinya, pembelajaran inkuiri sebagai model pembelajaran yang bertujuan mengajar bagaimana berpikir. Tugas belajar dalam perencanaan pembelajaran inkuiri adalah berorientasi pada tujuan konten dan proses.

Ethnoscience
Istilah etnosains (ethnoscience) berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa (dari bahasa Yunani), dan kata scientia yang berarti pengetahuan (dari bahasa Latin). Etnosains berarti pegetahuan yang dimiliki oleh suatu bangsa, atau suatu suku bangsa, atau kelompok sosial tertentu. Etnosains dipandang sebagai ‘system of knowledge and cognition typical of a given culture’ (sistem pengetahuan dan kognisi -gagasan atau pikiran- yang khas untuk suatu budaya tertentu. Penekanannya adalah pada sistem atau perangkat pengetahuan, dimana merupakan pengetahuan yang khas dari suatu masyarakat (keraifan lokal), karena berbeda dengan pengetahuan masyarakat lainnya.

Ethno-Inquiry Learning
Ethno-Inquiry adalah model pembelajaran berbasis pada kegiatan inkuiri ilmiah yang diintegrasikan dengan etnosains. Pada prinsipnya pengalaman belajar mahasiswa dengan model ini adalah mengeksplorasi (indeep exploration) nilai-nilai budaya lokal yang terkait dengan sains, dan permasalahan yang ada di dalamnya dapat dipecahkan dengan prinsip-prinsip inquiry ilmiah. Proses ini menjadi proses drilling pemikiran kritis pada mahasiswa. Secara komprehensif, model hipotetik yang menunjukkan desain konseptual dari ethno-inquiry disajikan pada Gambar 1. Ini diadaptasi dari kerangka kerja pengembangan model pembelajaran dari Novitra et al. (2022), dielaborasi dari kerangka kerja Joyce & Weil (2009) dimana struktur model pembelajaran dicirikan oleh syntax (fase atau langkah-langkah), social system (sistem sosial), principles of reaction (prinsip reaksi), support system (sistem pendukung), dan effects of the model (dampak dari model).

Gambar desain konseptual dari model ethno-inquiry

 

Detail kerangka kerja model Ethno-Inquiry masih dalam proses publikasi di jurnal internasional bereputasi.